RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SD AL KHAIRIYYAH
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester : IV/I ( Bab I )
Alokasi Waktu :
9 JPL( 3 x pertemuan )
A. Kompetensi Inti
KI 1 :
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
: Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 :
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B. Kompetensi Dasar
4.1 Membaca
surat Al Falaq, Al Maun dan Al Fiil
dengan tartil
4.2 Menulis ayat- ayat dalam Al
Falaq,Al Maun dan Al
Fiil
4.3 Menunjukkan hafalan Q.S. Al Falaq, Al Maun dan Al Fiil
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
4.1.1 Siswa dapat dapat memaca surat Al falaq, Al
maun, dan Al Fil dengan tartil yang benar
4.2.1 Siswa dapat menulis kalimat-kalimat dalam Al
Falaq, Al Maun dan Al
Fiil dengan benar
4.3.1 Siswa dapat mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Al-Falaq, Al Maun dan Al Fiil dengan tartil
D. Materi Pembelajaran
SuratAl Falaq, Al Maun dan Al Fiil
Arti Surat Al Falaq, Al Maun dan Al Fiil
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke 1
( Surat Al Falaq )
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
1.
Guru membuka pembelajaran dengan salam
dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat
2.
Guru memulai pembelajaran dengan membaca
bersama al-Quran surah pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta
didik.
3.
Guru memperhatikan kesiapan diri peserta
didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian
pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.
4.
Guru memberikan motivasi dan mengajukan
pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan
dengan materi pembelajaran.
5.
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan
tujuan yang akan dicapai
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan inti
1)
Mengamati:
a)
Peserta
didik mendengarkan guru membaca Q.S. Al-Falaq
b)
Guru dan peserta didik membaca bersama Q.S Al Falaq
2)
Menanya:
a)
Melalui
motivasi dari guru, siswa mengajukan pertanyaan kepada teman kelompoknya tentang hal- hal yang belum jelas
b)
Peserta didik
menanyakan cara penulisan ayat Al-Falaq.
3)
Mengumpulkan informasi (Mengeksplorasi):
a)
Peserta didik
membaca ulang bacaan Q.S. Al-Falaq secara
bersama, kemudian membaca
bersama di kelompok masing-masing
b)
Peserta didik
praktek membaca satu persatu yang diamati oleh anggota kelompok dan memberi
penilaian, secara bergilir
4)
Mengasosiasi:
a)
Dalam kelompok,
setiap anggota menampilkan hafalanya, yang lain mengamati dan mendiskusikan
untuk memberi penilaian
b)
Peserta didik
memilih diantara anggota kelompok yang paling bagus, fasih dan lancar untuk
dijadikan model
c)
Peserta didik
memilih diantara temannya untuk menjadi tutor dan mengajari teman dalam satu
kelompoknya agar bisa hafal semuanya.
5)
Mengkomunikasikan:
a)
Peserta didik
mempresentasikan bacaan Q.S. Al-Falaq di depan kelas
b)
Guru dan
kelompok lain mengamati dan memberi penilaian hasil presentasi kelompok yang praktek
c)
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengadakan penilaian proses dengan rubrik observasi dan memberi penguat dari hasil
presentasi
d) Guru memberi penghargaan pada kelompok yang hasil presentasinya terbagus
|
80 menit
|
3.
|
Penutup.
1)
Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi
terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2)
Guru memberikan reward kepada “siswa terbaik”.
3)
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
4)
Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik
berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
5)
Guru
bersama-sama para peserta didik
menutup pelajaran dengan berdoa.
|
10 menit
|
Pertemuan ke 2
( Surat Al Maun
)
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
1. Guru membuka pembelajaran dengan salam
dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2. Guru memulai pembelajaran dengan membaca bersama al-Quran surah pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
3. Guru memperhatikan kesiapan diri peserta
didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian
pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.
4.
Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif
yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang lalu dan materi yang akan di pelajari
sekarang.
5.
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan inti
1.
Mengamati:
1. Peserta didik mendengarkan guru membaca Q.S. Al-Maun
2. Peserta didik membaca bersama Q.S Al Maun
2. Menanya:
1. Melalui motivasi dari guru, peserta didik
mengajukan pertanyaan kepada teman kelompok
tentang hal- hal yang belum jelas tentang surat Al Maun
2. Peserta didik menanyakan cara penulisan ayat
surat Al- Maun
3.
Mengumpulkan informasi (Mengeksplorasi):
1. Peserta didik membaca ulang bacaan Q.S. Al-Maun secara bersama kemudian membaca
bersama di kelompok masing-masing.
2. Peserta didik praktek membaca satu persatu yang
diamati oleh guru dan anggota kelompok, serta diberi penilaian secara
bergilir
4.
Mengasosiasi:
1. Dalam kelompok, setiap peserta didik menampilkan hafalannya, yang lain mengamati
dan mendiskusikan untuk memberi penilaian
2. Guru memilih diantara anggota kelompok yang
paling bagus, fasih dan lancar untuk dijadikan model
3. Peserta didik memilih diantara temannya dalam
satu kelompok untuk menjadi tutor dan mengajari teman dalam satu kelompoknya
agar bisa hafal semua.
5.
Mengkomunikasikan:
1. Peserta didik mempresentasikan bacaan Q.S. Al-Maun di depan kelas
2. Guru dan Kelompok lain mengamati dan memberi
penilaian hasil presentasi kelompok yang praktek
3. Selama pembelajaran berlangsung, guru mengadakan penilaian proses dengan rubrik observasi dan memberi penguat dari hasil
presentasi
4. Guru memberi reward pada kleompok yang hasil presentasinya terbagus
|
80 menit
|
3.
|
Penutup.
1.
Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi
terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru memberikan reward kepada “siswa terbaik”.
3.
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
4.
Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik
berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
5.
Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran
dengan berdoa.
|
10 menit
|
Pertemuan ke 3
Surat Al Fill
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
1. Guru membuka pembelajaran dengan salam
dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2. Guru memulai pembelajaran dengan membaca bersama al-Quran
surahpilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
3. Guru memperhatikan kesiapan diri peserta
didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian
pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.
4. Guru memberikan motivasi dan mengajukan
pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan
dengan materi pembelajaran yang lalu dan materi yang akan dipelajari.
5. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan
tujuan yang akan dicapai
|
15 menit
|
.
|
Kegiatan inti
1.
Mengamati:
1.
Peserta didik
mendengarkan guru membaca Q.S. Al-Fill
2.
Peserta didik membaca bersama Q.S Al Fill
2.
Menanya:
1. Dengan
motivasi guru, peserta didik
mengajukan pertanyaan kepada teman kelompok tentang hal- hal yang belum jelas
3.
Mengumpulkan informasi (Mengeksplorasi):
1. Peserta didik membaca ulang bacaan Q.S. Al-Fill secara bersama kemudian membaca
bersama di kelompok masing-masing
2. Peserta didik praktek membaca satu persatu yang
diamati oleh guru dan anggota kelompok lain, serta diberi penilaian secara
bergilir
|
80 menit
|
|
4.
Mengasosiasi:
1. Dalam kelompok, setiap peserta didik menampilkan hafalanya, yang lain mengamati
dan mendiskusikan untuk memberi penilaian
2. Memilih diantara temannya untuk menjadi tutor
dan mengajari teman dalam satu kelompoknya agar bisa hafal semuanya.
5.
Mengkomunikasikan:
1. Selama pembelajaran berlangsung guru mengadakan penilaian proses dengan rubrik observasi dan memberi penguat dari hasil
presentasi
2. Guru memberi penghargaan pada kelompok yang hasil presentasinya terbagus
|
|
3.
|
Penutup.
1. Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap
pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan reward kepada “siswa terbaik”.
3. Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
4. Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan
materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
5. Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
|
10 menit
|
F.
Penilaian, Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
1.
Teknik penilaian
2.
Instrument penilaian ( Terlampir )
3.
Pembelajaran remedial dan pengayaan (
Terlampir )
a.
TeknikPenilaian
Pertemuan I = Keterampilan
Pertetmuan II = Keterampilan
Pertemuan III =Keterampilan
Blangko Teknik Penilaian :
1.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Praktek/
Kinerja
b.
Bentuk Instrumen :
Lembar Kinerja
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Dapat membaca,menulis dan menghafal surat Al
Falaq dengan tartil yang benar
|
Pertemuan 1
|
2.
|
Dapat membaca,menulis dan menghafal surat Al
Maun dengan tartil yang benar
|
Pertemuan 2
|
3
|
Dapat membaca,menulis dan menghafal surat Al
Fil dengan tartil yang benar
|
Pertemuan 3
|
G. Media, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Media
a.
Laptop, infokus, layar
b.
Gambar/Poster tulisan QS Al Alaq, Al Maun dan
Al Fill
2.
Bahan
a.
Kertas, spidol, penggaris
3.
Sumber Belajar
a. Buku PAI dan Budi Pekerti Kls 4 SD/MI, Penulis: Achmad Hasim dan Otong Jaelani, Kemdikbud, Jakarta, 2014.
b.
Bahan Ajar Religi
Tegal,
Juni 2015
Mengetahui,
Kepala
SD AL KHAIRIYYAH
H. MOCHAMMAD FAIZIN, S.Pd.I
NIP. 19571209 197701 1 001
|
|
Guru
PAI dan Budi Pekerti
KUSPRIYANTO, S.Pd.I
NIP. -
|
LAMPIRAN
1.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian :
Praktik
b.
Bentuk Instrumen :
Lembar penilaian
c.
Kisi – kisi :
Aspek yang dinilai
|
Indikator kemampuan
|
Nilai
|
Paraf Guru
|
· Kelancaran
dalam membaca ayat Al-Qur’an
· Tajwid
· Makhraj
|
·
Membaca dengan lancar
·
Tidak melakukan kesalahan tajwid dan makhraj
|
100
|
|
·
Membaca dengan lancar
·
Melakukan 1-5 kesalahan tajwid dan makhraj
|
90
|
|
|
·
Melakuk-i an 6-10 kesalahan tajwid dan mahraj
|
80
|
|
|
·
Melakukan 11-15 kesalahan tajwid dan makhraj
|
70
|
|
|
·
Melakukan 16-20 kesalahan tajwid dan makhraj
|
60
|
|
|
·
Melakukan lebih dari 20
kesalahan tajwid dan makhraj
|
50
|
|
2.
Sikap
a.
Teknik Penilaian : Tes
tulis
b.
Bentuk Instrumen :
Lembar penilaian
c.
Kisi-kisi :
RUBRIK PENILAIAN
|
||||||||
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
|||||
Sangat Setuju
|
Setuju
|
Ragu-Ragu
|
Tidak Setuju
|
|||||
1
|
Bahwa
semua manusia ciptaan Allah swt.
|
|
|
|
|
|
||
2
|
Orang
yang beriman berlindung hanya kepada Allah
|
|
|
|
|
|
||
3
|
Umat
Islam wajib menghindari sikap dengki.
|
|
|
|
|
|
||
4
|
Bahwa
setiap muslim harus bisa membaca Al-Quran
|
|
|
|
|
|
||
5
|
Bahwa
setiap anak kelas IV harus hafal Surat al Falaq
|
|
|
|
|
|
||
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
||||||
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang
diperoleh
------------------ X
100 = ----
Skormaksimal
|
|
|
||||
CATATAN:
……………………………………………………………………………………
|
||||||||
Lampiran Pembelajaran remedial dan
pengayaan
1.
Test Pengayaan
Teknik Penilaian : Tes
tertulis
Bentuk Instrumen: Uraian
Kisi- kisi :
Soal
1.
Bagaimana caranya manusia berlindung kepada Allah swt?
2.
Jelaskan isi kandungan Surat
Al Falaq ayat ke dua !

3.
Artikan dari ayat dibawah
ini ?
4.
Bagaimana hukumnya orang Islam yang enggan membaca Al Quran?
5.
Apa yang harus dilakukan umat Islam agar terhindar dari godaan
syaiton ?
Pedoman penskoran : Setiap
soal nilainya 10 (jawaban betul x 10 = ....)
2. Test remedial
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
1.
|
Membaca surat Al Falaq, Al Maun dan Al
Fiil dengan tartil
|
1.
Bacalah salah satu surat diantara suarat Al Falaq,Al Fiil, dan
al Maun dengan tatil yang jelas dan tepat ( Skor 20 )
|
2.
|
Menulis kalimat-kalimat dalam Al Falaq Al
Maun dan Al fiil dengan benar
|
2.
Bagaimana lanjutan dari
ayatdi bawah ini
وَمِنْ شَرِّحَاسِدٍ اِذَا ....
3.
Apa Isi kandungan dari
surat Al Maun ?
4.
Menceritakan tentang pasukan bergajah adalah isi dari surah ?
5.
Surat Al Falaq turun di
kota ?
6.
Surat Al Maun turun di kota?
( Skor Maksimal 50 )
|
3.
|
Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Al-Falaq dengan tartil
|
7.
Mendemontrasikan hafalanmu
tentang salah satu surat diantara suarat Al Falaq,Al Fiil, dan al Maun
dengan tatil yang jelas dan tepat ( Skor 30 )
|
LAMPIRAN
2.
Al Falaq

![]() |
|||
![]() |
3.
Al Maun
![]() |
4.
Al Fill
![]() |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No comments:
Post a Comment