Wednesday, April 6, 2016

RPP PAI KLS 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : SD AL KHAIRIYYAH
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester           : IV/I ( Bab I )
Alokasi Waktu             : 9 JPL( 3 x pertemuan )

A.      Kompetensi Inti
KI 1  :    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI 3  :    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4  :    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.       Kompetensi Dasar
4.1     Membaca surat Al Falaq, Al Maun dan Al Fiil  dengan tartil
4.2     Menulis ayat- ayat  dalam Al Falaq,Al Maun dan Al Fiil 
4.3     Menunjukkan hafalan Q.S. Al Falaq, Al Maun dan Al Fiil 

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
4.1.1  Siswa dapat dapat memaca surat Al falaq, Al maun, dan Al Fil dengan tartil yang benar
4.2.1 Siswa dapat menulis kalimat-kalimat dalam Al Falaq, Al Maun dan Al Fiil  dengan benar
4.3.1 Siswa dapat mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Falaq, Al Maun dan Al Fiil  dengan tartil

D.      Materi Pembelajaran
SuratAl Falaq, Al Maun dan Al Fiil
Arti Surat Al Falaq, Al Maun dan Al Fiil

E.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke 1
( Surat Al Falaq )
No
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
1.        Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat
2.        Guru memulai pembelajaran dengan membaca bersama al-Quran surah pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
3.        Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.
4.        Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pembelajaran.
5.        Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai


15 menit
2.
Kegiatan inti
1)   Mengamati:
a)      Peserta didik  mendengarkan guru membaca  Q.S. Al-Falaq
b)      Guru dan peserta didik  membaca bersama Q.S Al Falaq
2)   Menanya:
a)      Melalui motivasi dari guru, siswa mengajukan pertanyaan kepada teman kelompoknya  tentang hal- hal yang belum jelas
b)      Peserta didik menanyakan cara penulisan ayat Al-Falaq.
3)   Mengumpulkan informasi (Mengeksplorasi):
a)      Peserta didik membaca ulang bacaan Q.S. Al-Falaq secara bersama,   kemudian membaca bersama  di kelompok masing-masing
b)      Peserta didik praktek membaca satu persatu yang diamati oleh anggota kelompok dan memberi penilaian, secara bergilir
4)   Mengasosiasi:
a)      Dalam kelompok, setiap anggota menampilkan hafalanya, yang lain mengamati dan mendiskusikan untuk memberi penilaian
b)      Peserta didik memilih diantara anggota kelompok yang paling bagus, fasih dan lancar untuk dijadikan model
c)      Peserta didik memilih diantara temannya untuk menjadi tutor dan mengajari teman dalam satu kelompoknya agar bisa hafal semuanya.
5)   Mengkomunikasikan:
a)      Peserta didik mempresentasikan bacaan Q.S. Al-Falaq di depan kelas
b)      Guru dan kelompok lain mengamati dan memberi penilaian hasil presentasi  kelompok yang praktek
c)      Selama pembelajaran berlangsung, guru  mengadakan penilaian proses dengan rubrik observasi dan memberi penguat dari hasil presentasi
d)     Guru memberi penghargaan pada kelompok yang hasil presentasinya terbagus

80 menit
3.
Penutup.
1)         Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2)         Guru memberikan reward kepada “siswa terbaik”.
3)         Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
4)         Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
5)         Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.


10 menit

Pertemuan ke 2
( Surat Al Maun )
No
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
1.    Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2.    Guru memulai pembelajaran dengan membaca bersama al-Quran surah pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
3.    Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.
4.    Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pembelajaran yang lalu dan materi yang akan di pelajari sekarang.
5.    Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai

15 menit
2.
Kegiatan inti
1.   Mengamati:
1.    Peserta didik mendengarkan guru membaca  Q.S. Al-Maun
2.    Peserta didik membaca bersama Q.S Al Maun
2.   Menanya:
1.    Melalui motivasi dari guru, peserta didik mengajukan pertanyaan kepada teman kelompok  tentang hal- hal yang belum jelas tentang surat Al Maun
2.    Peserta didik menanyakan cara penulisan ayat surat Al- Maun
3.   Mengumpulkan informasi (Mengeksplorasi):
1.    Peserta didik membaca  ulang bacaan Q.S. Al-Maun secara bersama  kemudian membaca bersama  di kelompok masing-masing.
2.    Peserta didik praktek membaca satu persatu yang diamati oleh guru dan anggota kelompok, serta diberi penilaian secara bergilir
4.   Mengasosiasi:
1.    Dalam kelompok, setiap peserta didik  menampilkan hafalannya, yang lain mengamati dan mendiskusikan untuk memberi penilaian
2.    Guru memilih diantara anggota kelompok yang paling bagus, fasih dan lancar untuk dijadikan model
3.    Peserta didik memilih diantara temannya dalam satu kelompok untuk menjadi tutor dan mengajari teman dalam satu kelompoknya agar bisa hafal semua.
5.   Mengkomunikasikan:
1.    Peserta didik mempresentasikan bacaan Q.S. Al-Maun di depan kelas
2.    Guru dan Kelompok lain mengamati dan memberi penilaian hasil presentasi kelompok yang praktek
3.    Selama pembelajaran berlangsung, guru  mengadakan penilaian proses dengan rubrik observasi dan memberi penguat dari hasil presentasi
4.    Guru memberi reward pada kleompok yang hasil presentasinya terbagus

80 menit
3.
Penutup.
1.      Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.      Guru memberikan reward kepada “siswa terbaik”.
3.      Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
4.      Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
5.      Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

10 menit

Pertemuan ke 3
Surat Al Fill
No
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
1.    Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2.    Guru memulai pembelajaran dengan membaca bersama al-Quran surahpilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
3.    Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.
4.    Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pembelajaran yang lalu dan materi yang akan dipelajari.
5.    Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai

15 menit
.
Kegiatan inti
1.      Mengamati:
1.     Peserta didik mendengarkan guru membaca Q.S. Al-Fill
2.     Peserta didik membaca bersama Q.S Al Fill
2.      Menanya:
1.   Dengan  motivasi guru, peserta didik  mengajukan pertanyaan kepada teman kelompok  tentang hal- hal yang belum jelas
3.      Mengumpulkan informasi (Mengeksplorasi):
1.    Peserta didik membaca  ulang bacaan Q.S. Al-Fill secara bersama  kemudian membaca bersama  di kelompok masing-masing
2.    Peserta didik praktek membaca satu persatu yang diamati oleh guru dan anggota kelompok lain, serta diberi penilaian secara bergilir

80 menit

4.         Mengasosiasi:
1.    Dalam kelompok, setiap peserta didik  menampilkan hafalanya, yang lain mengamati dan mendiskusikan untuk memberi penilaian
2.    Memilih diantara temannya untuk menjadi tutor dan mengajari teman dalam satu kelompoknya agar bisa hafal semuanya.
5.         Mengkomunikasikan:
1.    Selama pembelajaran berlangsung guru  mengadakan penilaian proses dengan rubrik observasi dan memberi penguat dari hasil presentasi
2.    Guru memberi penghargaan pada kelompok yang hasil presentasinya terbagus

3.
Penutup.
1.    Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.    Guru memberikan reward kepada “siswa terbaik”.
3.    Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
4.    Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
5.    Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

10 menit
F.       Penilaian, Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
1.         Teknik penilaian
2.         Instrument penilaian ( Terlampir )
3.         Pembelajaran remedial dan pengayaan ( Terlampir )
a.      TeknikPenilaian
Pertemuan I               = Keterampilan
Pertetmuan II            = Keterampilan
Pertemuan III            =Keterampilan

Blangko Teknik Penilaian :

1.       Keterampilan
a.    Teknik Penilaian   : Praktek/ Kinerja
b.    Bentuk Instrumen            : Lembar Kinerja
c.    Kisi-kisi                :

No.
Indikator
Butir Instrumen
1.
Dapat membaca,menulis dan menghafal surat Al Falaq dengan tartil yang benar
Pertemuan 1
2.
Dapat membaca,menulis dan menghafal surat Al Maun dengan tartil yang benar
Pertemuan 2
3
Dapat membaca,menulis dan menghafal surat Al Fil dengan tartil yang benar
Pertemuan 3

G.      Media, Bahan dan Sumber Belajar
1.      Media
a.    Laptop, infokus, layar
b.    Gambar/Poster tulisan QS Al Alaq, Al Maun dan Al Fill
2.      Bahan
a.    Kertas, spidol, penggaris
3.      Sumber Belajar
a.       Buku PAI dan Budi Pekerti Kls 4 SD/MI, Penulis: Achmad Hasim dan  Otong Jaelani, Kemdikbud, Jakarta, 2014.
b.      Bahan Ajar Religi
c.       Kitab Al-Quranul Karim dan Terjemahnya, Depag RI


 Tegal,   Juni 2015
Mengetahui,
Kepala SD AL KHAIRIYYAH



H. MOCHAMMAD FAIZIN, S.Pd.I
NIP. 19571209 197701 1 001


Guru PAI dan Budi Pekerti



KUSPRIYANTO, S.Pd.I
NIP. -











LAMPIRAN

1.         Keterampilan
                                     a.      Teknik Penilaian          : Praktik
                                    b.      Bentuk Instrumen       : Lembar penilaian
                                     c.      Kisi – kisi                    :
Aspek yang dinilai
Indikator kemampuan
Nilai
Paraf Guru
·  Kelancaran dalam membaca ayat Al-Qur’an

·  Tajwid

·  Makhraj
·   Membaca dengan lancar
·   Tidak melakukan kesalahan tajwid dan makhraj
100

·   Membaca dengan lancar
·   Melakukan 1-5 kesalahan tajwid dan makhraj
90

·   Melakuk-i an 6-10 kesalahan tajwid dan mahraj
80

·   Melakukan 11-15 kesalahan tajwid dan makhraj
70

·   Melakukan 16-20 kesalahan tajwid dan makhraj
60

·   Melakukan  lebih dari 20 kesalahan tajwid dan makhraj
50
























2.         Sikap
a.       Teknik Penilaian          : Tes tulis
b.      Bentuk Instrumen       : Lembar penilaian
c.       Kisi-kisi                       :
RUBRIK PENILAIAN
NO.
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
1
Bahwa semua manusia ciptaan Allah swt.





2
Orang yang beriman berlindung hanya kepada Allah





3
Umat Islam  wajib menghindari sikap dengki.





4
Bahwa setiap muslim harus bisa membaca Al-Quran





5
Bahwa setiap anak kelas IV harus hafal Surat al Falaq





JUMLAH SKOR





KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang
diperoleh
------------------  X 100  = ----                                    
Skormaksimal


CATATAN: 
……………………………………………………………………………………










Lampiran Pembelajaran remedial dan pengayaan

1.      Test Pengayaan
Teknik Penilaian  : Tes tertulis
Bentuk Instrumen: Uraian
Kisi- kisi              :
Soal
1.      Bagaimana caranya manusia berlindung kepada Allah swt?
2.      113:4Jelaskan  isi kandungan Surat Al Falaq ayat  ke dua !
3.      Artikan dari ayat  dibawah ini ?

4.      Bagaimana hukumnya orang Islam yang enggan membaca Al Quran?
5.      Apa yang harus dilakukan umat Islam agar terhindar dari godaan syaiton ?

Pedoman penskoran :  Setiap soal nilainya 10 (jawaban betul x 10 = ....)

2.      Test remedial
No.
Indikator
Instrumen
1.
Membaca surat Al Falaq, Al Maun dan Al Fiil  dengan tartil
1.            Bacalah salah satu surat diantara suarat Al Falaq,Al Fiil, dan al Maun dengan tatil yang jelas dan tepat ( Skor 20 )
2.
Menulis kalimat-kalimat dalam Al Falaq Al Maun dan Al fiil dengan benar
2.      Bagaimana lanjutan dari ayatdi bawah ini
وَمِنْ شَرِّحَاسِدٍ اِذَا ....
3.      Apa Isi kandungan dari surat Al Maun ?
4.     Menceritakan tentang pasukan bergajah adalah isi dari surah ?
5.      Surat Al Falaq turun di kota ?
6.     Surat Al Maun turun di kota?
( Skor Maksimal 50 )
3.
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Falaq dengan tartil
7.        Mendemontrasikan hafalanmu  tentang salah satu surat diantara suarat Al Falaq,Al Fiil, dan al Maun dengan tatil yang jelas dan tepat ( Skor 30 )





LAMPIRAN
2.            BismillahAl Falaq




113:1,113:2,113:3
113:4,113:5
 








3.            Al Maun
 













4.            Al Fill
 




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


No comments:

Post a Comment